Pagar Alam
Pada hari ini Kamis, 19 Januari 2023 pukul 11.00 WIB Pengadilan Agama Pagar Alam melaksanakan Rapat Program Kerja Tahun 2023 yang diselenggarakan di ruang sidang "serunting sakti" Pengadilan Agama Pagar Alam. kegiatan ini diikuti oleh seluruh Pegawai Pengadilan Agama Pagar Alam Raker tahun ini mengambil tema " Optimalisasi Pelayanan Berbasis Teknologi Informasi Menuju Pengadilan Agama Pagar Alam Yang Modern".
Rapat kerja ini dibuka oleh Ketua Pengadilan Agama Pagar Alam, Ahmad Hidayat, S.H.I, M.H., sekaligus menyampaikan arah Kebijakan Pimpinan Pengadilan Agama Pagar Alam tahun 2023. Program Kerja merupakan bagian dari fungsi manajemen yang penting, karena melalui Program Kerja dapat ditentukan arah dan sasaran kerja serta dapat mengukur tingkat efisiensi dan efektifitas pelaksanaan kerja guna mendukung tercapainya tujuan suatu unit kerja. Tentunya Rapat Kerja ini harus sesuai dengan Program Prioritas Ditjen Badilag yang mengusung Tema Menuju Peradilan Agama Modern Berkelas Dunia, dengan empat prioritas ucap beliau.
Pertama, Penguatan Integritas, Pengadilan Agama telah memulai di awal tahun dengan penandatanganan Pakta Integritas dan Komitmen Bersama, sudah jalan juga pengawasan dari hakim pengawas yang sebelumya triwulan sekarang sudah perbulan ditambah briefing harian yang dilaksanakan oleh pimpinan, hakim dan pejabat struktural. Kedua, Terkait penguatan Kelembagaan, adanya peningkatan keberhasilan Mediasi oleh hakim mediator, dibuktikan dengan 2 perkara mediasi di minggu pertama bulan Januari berhasil damai sebagian dengan kesepakatan jaminan perlindungan hak-hak perempuan dan anak. Ketiga, Penguatan Sumber Daya Manusia, melalui pengurus IKAHI dan IPASPI sudah dijadwalkan Diskusi Hukum, DDTK dan kultum, keempat pengutasn pemanpaatan TI, Pengadilan Agama Pagar Alam terus berusaha mengoptimalkan e-Court, gugatan mandiri dan mengimplementasikan 26 Inovasi Badilag, Lebih lanjut beliau menyampaikan Pagar Alam telah mempunyai beberapa inovasi berupa aplikasi SIMAS, SIPARMAN,SIKABARA, E-ALIP dan tahun 2023 ini lagi digarap tim IT aplikasi penyerahan produk pengadilan dan aplikasi yang data yang terintegrasi dari 3 intansi mulai dari Pengadilan Agama, Disdukcapil dan Kemenag. Ujarnya menutup sambutan.
Rapat kerja ini tampil sebagai pimpinan sidang, Asep Nurdiansyah, S.H.I. selaku Ketua steering committee (SC), Rapat Pleno I dengan agenda pengesahan penetapan peserta persidangan, penetapan tata tertib dan pembagian sidang komisi, Selanjutnya persidangan dillanjutkan dengan pembahasan rapat kerja yang dibagi menjadi 3 komisi yaitu : Komisi I Bidang Manajemen Peradilan, Implementasi Reformasi Birokrasi dan Zona Integritas, Komisi II Bidang Administrasi Teknis Yustisial dan Kepaniteraan, dan Komisi III membahas Bidang Aministrasi Kesekretariatan dan Organisasi Non Kedinasan. Rapat masing-masing Komisi tersebut selesai jam 16.00 WIB yang dilanjutkan dengan Ishoma.
Sidang Pleno II tentang Penyampaian Hasil Rapat Sidang Komisi masing-masing diwarnai dengan banyaknya pertanyaan, masukan dan saran perbaikan dari peserta sidang yang ditanggapi langsung oleh Komisi yang tampil mempresentasikan hasil rapat Komisi tersebut, pukul 17.30 WIB diakhir acara Ketua Pengadilan Agama Pagar Alam menyampaikan apresiasi dan kebanggaannya dengan antusiame dan keaktifan seluruh peserta sidang dan beliau menyampaikan harapannya bahwa rumusan Program kerja yang dibahas bersama dapat dijadikan acuan bekerja selama setahun kedepan dan Pengadilan Agama Pagar Alam bisa meraih prestasi baik di tingkat Pengadilan Tinggi Agama Palembang muapun Tingkat Nasional.