CEK PERKARA

JADWAL SIDANG

VALIDASI AKTA CERAI

BIAYA PERKARA

PERSYARATAN BERPERKARA

LAYANAN BERPERKARA

Rapat Koordinasi Rencana Kerja dan Program Kerja Kepaniteraan

Pagar Alam | 03 Maret 2021

WhatsApp Image 2021-03-03 at 16.07.15.jpeg

Pengadilan Agama Pagar Alam Mengadakan Rapat Koordinasi Rencana Kerja dan Program Kerja Kepaniteraan pada hari Rabu, 03 Maret 2021 yang bertempat di ruang aula media center Pengadilan Agama Pagar Alam, Acara ini di ikuti oleh Ketua, Wakil Ketua, Panitera, Panitera Muda Gugatan, Panitera Muda Permohonan, Panitera Muda Hukum, Panitera Pengganti dan pegawai kepaniteraan Pengadilan Agama Pagar Alam.

Rapat kali ini di buka dan dipimpin oleh bapak Asep Irpan Helmi, S.H., S.M. (Ketua Pengadilan Agama Pagar Alam), beliau menyampaikan beberapa point dalam rapat kali ini yaitu :

1. Brifing Tim PTSP

2. PNS / TNI / Polri yang akan mengajukan gugatan atau permohonan cerai harus ada izin, kalau pasangannya harus ada surat keterangan dari instansi atau pegawai yang bersangkutan.

3. Ada Staf / Pegawai yang di tunjuk untuk memantau kedalam perkara di SIPP dan memantau perkara putus yang belum di upload pada hari tersebut.

4. Mengupdate dokumen dalam ABT, baik berita dan dalam konsep putusan.

dalam akhir rapat bapak ketua juga menyampaikan kepada seluruh staf kepaniteraan untuk rencana dan target tersebut akan di monitoring dan di evaluasi dalam rapat bulan berikutnya.

Pengadilan Agama Pagar Alam Mengikuti Rapat Koordinasi Ditjen Badilag Tahun 2021 secara virtual / daring

Pagar Alam | 02 Maret 2021

WhatsApp Image 2021-03-02 at 16.34.14.jpeg

Pengadilan Agama Pagar Alam Mengikuti Rapat Koordinasi Ditjen Badilag Tahun 2021 secara virtual / daring pada hari selasa, 02 Maret 2021yang bertempat di aula media center Pengadilan Agama Pagar Alam, Acara ini diikuti oleh Ketua, Wakil Ketua, Panitera dan Sekertaris.

Acara ini mengusung tema Membangun Peradilan Agama Modern Berkelanjutan Menuju Birokrasi  Berkelas Dunia yang di buka dan dijelaskan oleh Bapak Dr. Drs. H. Aco Nur, S.H., M.H ( Ketua Direktorat Jendral Badan Peradilan Agama).  dalam Rapat Koordinasi ini yang di sampaikan oleh para Narasumber terdapat beberapa hal yaitu :

1. Penguatan & Penegakan Ekonomi Syari'ah yang berkeadilan di Indonesia.

2. Penerapan Hukum Nafkah Anak Pasca Perceraian di Malaysia.

3. Aplikasi Gugatan Mandiri Untuk Akses Keadilan Yang Lebih Baik.

4. Access to Justice di Peradilan Agama di Masa Pandemi Covid-19.

5. Penyerahan Sertifikat APM, Penghargaan WBK dan WBBM, Penghargaan SIPP, Penghargaan Konsistensi, Penghargaan Kinerja Triwulan dan Penghargaan Eksaminasi.

Terakhir Bapak Ditjen Badan Peradilan Agama berpesan agar satker terus berkarya dan berinovasi dalam rangka peningkatan kualitas pelayanan kepada masyarakat pencari keadilan dan selalu untuk menjaga kesehatan serta mematuhi protokol kesehatan.

 

 

Meeting Pembinaan Bimbingan dan Evaluasi Pelayanan Pembangunan Zona Integritas Menuju WBK/WBBM

Pagar Alam | 22 Februari 2021

 

 

zi2.jpeg

 

Pengadilan Agama Pagar Alam mengikuti acara Bimbingan dan Evaluasi Pelaksanaan Pembangunan Zona Integritas Menuju WBK / WBBM secara daring pada hari senin, 22 Februari 2021 pukul 08:30 WIB yang bertempat di aula media center Pengadilan Agama Pagar Alam, acara ini di ikuti oleh Ketua, Sekertaris, Kasubbag Umum dan Keuangan, beserta pegawai Pengadilan Agama Pagar Alam.

Acara yang diselenggarakan oleh Direktorat Jenderal Badan Peradilan Agama menghadirkan narasumber dari Tim auditor/Tim Penilai Internal Pembangunan ZI dari Badan Pengawasan Mahkamah Agung RI. Acara Bimbingan dan Evaluasi Pelaksanaan Pembangunan Zona Integritas Menuju WBK / WBBM ini di pimpin oleh bapak Dr. Drs. Aco Nur, S.H., M.H. beliau menyampaikan bahwa esensi pembangunan ZI adalah manajemen organisasi yang berfokus pada kebutuhan stake holder tanpa korupsi, kolusi dan nepotisme (KKN). Setiap program/kegiatan harus direncanakan, dan setiap rencana program/kegiatan harus dilaksanakan, dan untuk memastikan keberhasilan/kegagalan terhadap program/kegiatan yang sudah dilaksanakan harus dilakukan monitoring dan evaluasi serta harus ada tindak lanjut terhadap temuan monitoring dan evaluasi tersebut.

z11.jpeg

Bapak Dirjen Peradilan Agama juga menyampaikan Bahwa kegiatan Bimbingan Teknis dan Evaluasi Pembangunan ZI ini dimaksudkan untuk mempersiapkan dalam menghadapi penilaian oleh Tim Penilai Nasional (TPN) terhadap satker yang telah lulus dalam penilaian internal dan juga untuk memperbaiki kekurangan-kekurangan pada satker yang belum berhasil lulus dalam penilaian internal, sehingga diharapkan pada tahun mendatang bisa lulus dalam penilaian internal sebagai syarat untuk diusulkan untuk dilakukan penilaian oleh TPN dalam rangka memperoleh predikat WBK/WBBM. Terakhir Bapak Dirjen Badan Peradilan Agama berpesan agar satker terus berkarya dan berinovasi dalam rangka peningkatan kualitas pelayanan kepada masyarakat pencari keadilan.

 

Pengadilan Agama Pagar Alam mengikuti Acara Laporan Tahunan Mahkamah Agung Republik Indonesia Tahun 2020 Secara Daring

Pagar Alam | 17 Februari 2021

 

WhatsApp Image 2021-02-17 at 10.10.51.jpeg

Pengadilan Agama Pagar Alam mengikuti Acara Laporan Tahunan Mahkamah Agung Republik Indonesia Tahun 2020 secara daring pada hari rabu, 17/02/2021 pukul 10:00 WIB yang bertempat di aula media center Pengadilan Agama Pagar Alam, acara di ikuti oleh Wakil Ketua, Hakim, Panitera, Sekertaris, Panitera Muda,Kasubbag dan para pegawai dilingkungan Pengadilan Agama Pagar Alam.

Acara Sidang Istimewa laporan Tahunan Mahkamah Agung Republik Indonesia ini di hadiri oleh Presiden Republik Indonesia Ir H. Joko widodo dan Wakil Presiden Republik Indonesia Prof. Dr. (H.C.) K. H. Ma'ruf Amin yang menghadiri acara secara virtual, laporan tahunan ini juga dihadiri secara langsung oleh YM Ketua Mahkamah Agung RI, YM Wakil Ketua Mahkamah Agung RI bidang Yudisial, YM Wakil Ketua Mahkamah Agung RI bidang Non Yudisial, YM Hakim Agung , para Hakim Ad Hoc, para ketua dan kepala pengadilan tingkat pertama, para ketua dan kepala tingkat banding, para eselon I di lingkungan Mahkamah Agung dan para Duta Besar Negara sahabat.

Sidang Istimewa di buka dengan menyanyikan lagu Indonesia Raya dan lagu Himne Mahkamah Agung dan  dilanjutkan dengan penyampaian Laporan Tahunan Mahkamah Agung RI oleh Dr. H. M. Syarifuddin, SH., MH, beliau menyampaikan ditengah masa pandemi mahkamah agung mengambil langkah cepat dengan mekanisme persidangan konvensional menjadi elektronik bagi keselamatan warga peradilan dan para pencari keadilan. Beliau menyampaikan bagi perkara perdata, parkara perdata agama, perkara tata usaha negara dan perkara perdata militer. Sejak dua tahun lalu telah menerapkan system peradilan elektronik berdasarkan Perma No 3 Tahun 2018 yang kemudian diperbaharui dengan Perma No 1 Tahun 2019 tentang administrasi perkara dan persidangan di pengadilan secara elektronik yang bertujuan untuk mempercepat proses dan memberi kemudahan bagi pencari keadilan untuk menyelesaikan perkara.

WhatsApp Image 2021-02-17 at 10.10.52.jpeg

Beliau juga memaparkan pencapaian Mahkamah Agung dalam 2 (dua) bagian yaitu bidang Teknis Yudisial dan bidang Kesekertariatan sesuai dengan Perma No 1 Tahun 2020, Perma No 2 tahun 2020, Perma No 3 Tahun 2020, Perma No 4 Tahun 2020, Perma No 5 Tahun 2020 yang diubah dengan Perma No 6 Tahun 2020. Dalam siding istimewa ini beliau juga menyampaikan beban perkara Mahkamah Agung sebanyak 20.761 dan memutus perkara sebanyak 20.544 sehingga menyisahkan perkara sebanyak 199 perkara ini merupakan sisa perkara terendah dalam sejarah berdirinya Mahkamah Agung.

Sidang Istimewa Laporan Tahunan ini di tutup dengan pengumuman pemenang lomba foto Peradilan 2021.

Tim TI PA Pagar Alam

PA PAGAR ALAM MEMBAHAS DAFTAR INVENTARISASI MASALAH (DIM)

Pagar Alam | 08 Februari 2021

PA PAGAR ALAM MEMBAHAS DAFTAR INVENTARISASI MASALAH (DIM)

 

WhatsApp Image 2021-02-10 at 08.35.30(1).jpeg

 

Pengadilan Agama Pagar Alam mengadakan rapat membahas Daftar Inventarisasi Masalah (DIM) yang di pimpin oleh Wakil Ketua Pengadilan Agama Pagar Alam, Ahmad Hidayat, S.H.I., M.H pada hari senin, 08/02/2021 pukul 08:30 WIB yang bertempat di aula media center Pengadilan Agama Pagar Alam, acara di ikuti oleh Hakim, Panitera, Sekertaris, para Panitera Muda dan para Kasubbag dilingkungan Pengadilan Agama Pagar Alam.

Pemaparan Daftar Inventarisasi Masalah (DIM) tersebut, Ahmad Hidayat, S.H.I., M.H menjelaskan  kehendak surat keputusan Dirjen Badilag Nomor : 416/DJA/HM.00/2/2021,  terdiri dari 3 hal, yaitu Bidang Teknis Yustisial akan dibahas dan diinventarisasi oleh Bapak dan Ibu Hakim dengan Koordinator Imam Mujaddid Alhakimi, Lc, Administrasi Kepaniteraan dibahas dan diinventarisasi oleh Bagian Kepaniteraan  dengan koordinator Panitera Pengadilan Agama Pagar Alam, Karbudin, S.ag dan Administrasi Kesekretariatan dibahas dan diinventarisasi oleh bagian kesekretariatan dengan koordinator Sekretaris Pengadilan Agama Pagar Alam, Muhammad Basri, S.Ag., S.H.

Selanjutnya Daftar Inventarisasi Masalah (DIM) tersebtu, memuat tiga kolom yaitu : pertama, kolom Norma diisi dengan redaksi aturan/ kebijakan yang dianggap tidak sesuai dengan peraturan perundangan atau mempunyai kendala dalam penerapannya. Kedua, kolom permasalahan diisi dengan hambatanatau kendala atas pelaksanaan norma dan ketiga, kolom usulan solusi yang berisi saran atau masukan sekaligus redaksi perubahan terhadap norma yang dipermasalahkan, ujarnya menutup pemaparannya.

WhatsApp Image 2021-02-10 at 08.35.30.jpeg

Rapatnya sendiri berlangsung dengan antusias ditandai dengan berbagai saran dan masukan dari para peserta rapat, diakhir rapat beliau menyampaikan  Daftar Inventarisasi Masalah (DIM) akan dibahas dan dilanjutkan hari Kamis, jam 11. 00 WIB

- Tim TI PA Pagar Alam