logo-pga.png

 

Berita Pengadilan

portfolio

Berita Pengadilan

Berisikan Menu Tentang Semua Berita Yang Terjadi Pada Pengadilan Agama Pagar Alam Termasuk Juga Kumpulan Galeri Foto Kegiatan atau Kejadian di Pengadilan Agama Pagar Alam

Struktur Organisasi

Standar Pelayanan

E-Court

Direktori Putusan

Penelusuran Perkara

Laporan Tahunan

LAHAN GEDUNG KANTOR MENJADI AGENDA PEMBICARAAN DISAAT AUDIENSI DENGAN WALI KOTA PAGAR ALAM

LAHAN GEDUNG KANTOR MENJADI AGENDA PEMBICARAAN DISAAT AUDIENSI DENGAN WALI KOTA PAGAR ALAM

Pagar Alam|pa-pagaralam.go.id

Pada hari Selasa tanggal 09 Juli 2019, Ketua Pengadilan Agama Pagar Alam (Febrizal Lubis, S.Ag., S.H) beserta Panitera, Sekretaris dan Kasubag Perencanaan, Teknologi Informasi dan Pelaporan melakukan audiensi dengan Bapak Wali Kota Pagar Alam.

f lahan 2.jpg

Agenda audiensi ini berkaitan dengan informasi dari Biro Perencanaan Mahkamah Agung RI tentang perencanaan pembangunan gedung Pengadilan Agama Pagar Alam Tahun Anggaran 2020.

Sebelumnya pada tanggal 30 Nopember 2013 sebagaimana surat Wali Kota Pagar Alam Nomor 900/518/DPPKA/2013 perihal Bantuan Sarana dan Prasarana, Pengadilan Agama Lahat telah menerima sertifikat tanah seluas 5000 M2 dari Pemerintah Kota Pagar Alam yang kemudian dijadikan bahan pertimbangan usulan pembentukan Pengadilan Agama Pagar Alam sebagaimana Surat Wali Kota Pagar Alam Nomor : 400/64.1.1/253/SD.II/2014 tertanggal 28 Mei 2014 perihal Mohon Bantuan Pembangunan Gedung Kantor Pengadilan Agama Pagar Alam, namun tanah tersebut belum dihibahkan dan sertifikat tanah masih milik Pemerintah Kota Pagar Alam.

f lahan 1.jpg

Selanjutnya pada tanggal 22 Oktober 2018, Ketua Mahkamah Agung Republik Indonesia YM. Bapak Prof. Dr. H. Muhammad Hatta Ali, SH., M.H., meresmikan Pengadilan Agama Pagar Alam bersamaan dengan peresmian 85 pengadilan baru se Indonesia di Kabupaten Kepulauan Talaud, Provinsi Sulawesi Utara.

Setelah Pengadilan Agama resmi berdiri, kemudian Pimpinan, Sekretaris dan pejabat  Pengadilan Agama Pagar Alam melihat langsung ke lokasi lahan dan juga melakukan penyesuaian informasi data dari Badan Pertanahan Pemerintah Kota Pagar Alam

f lahan3.jpg

Setelah melakukan peninjauan langsung ke lokasi lahan, maka dapat diketahui langsung bahwa kondisi lahan sebagai berikut:

  1. Ukuran Lebar tanah bagian depan adalah 21 M2, dan sisanya 20 M2 lagi merupakan tanah milik Polres Pagar Alam dan diatas tanah tersebut telah berdiri tower milik Polres  Pagar Alam;
  2. Ukuran Lebar tanah bagian belakang adalah 45,07 M2;
  3. Ukuran Panjang tanah kiri dan kanan masing-masing adalah 127 M2 dan 113,90 M2;

f lahan 4.jpg

Berkaitan dengan kondisi lahan tersebut, Bapak Wali Kota Pagar Alam mengapresiasi keberadaan Pengadilan Agama Pagar Alam, karena dengan keberadaan Pengadilan Agama di Pagar Alam, maka masyarakat yang memiliki permasalahan dalam bidang hukum keluarga dan bidang ekonomi syariah cukup datang ke Pengadilan Agama Pagar Alam dan tidak perlu lagi pergi ke Lahat, dan selanjutnya Bapak Wali Kota menyatakan akan mengusahakan mencari lahan seluas 5000 M2 sebagai lahan pengganti dalam bentuk hibah yang akan diperuntukkan sebagai lahan pembangunan gedung Pengadilan Agama Pagar Alam, semoga Allah memberikan kemudahan dan meridhoi setiap usaha demi kemajuan PA Pagar Alam, aamiin ya Allah.(by. Febry)

BINWAS PERDANA DI PENGADILAN AGAMA PAGAR ALAM

BINWAS PERDANA

DI PENGADILAN AGAMA PAGAR ALAM

Pagar Alam|pa-pagaralam.go.id

Rombongan Hakim Tinggi Pengawas dan Pembinaan dari Pengadilan Tinggi Agama Palembang yang dipimpin oleh YM. Bapak Drs. H. Kamil Umar Esa, S.H., sebagai Ketua Tim, dan Ibu Hj. Mariamah, S.H., sebagai Sekretaris, beserta Ibu Lia Marlisa, S.Kom., sebagai Anggota, akhirnya tiba di Pengadilan Agama Pagar Alam pada hari Rabu tanggal 03 Juli 2019. Rombongan Hakim Tinggi Pengawas ini disambut oleh  YM. Bapak Febrizal Lubis, S.Ag., S.H., (Ketua PA Pagar Alam) beserta Wakil Ketua, Hakim dan seluruh pegawai Pengadilan Agama Pagar Alam dengan suka cita.

binwas1.jpg

Pengawasan dan Pembinaan yang dilakukan oleh Tim Pengawas dan Pembinaan dari Pengadilan Tinggi Agama Palembang di PA Pagar Alam dilakukan selama 3 hari, yakni mulai sejak tanggal 03 Juli 2019 sampai dengan tanggal 05 Juli 2019. Selama proses pemeriksaan ini, seluruh pegawai PA Pagar Alam sangat kooperatif dan menerima sepenuh hati kinerjanya diaudit oleh Tim Pengawas dan Pembinaan dari Pengadilan Tinggi Agama Palembang.

binwas2.jpg

Pada Kegiatan Binwas perdana di PA Pagar Alam sejak resmi berdiri pada bulan Oktober 2018 ini, YM. Bapak Hakim Tinggi Pengawas beserta anggota dapat melihat kondisi dan keadaan PA Pagar Alam secara nyata, mulai dari kondisi sarana dan prasarana, manajemen peradilan dan pelayanan publik, pengelolaan administrasi perkara dan administrasi persidangan, administrasi kepegawaian dan Organisasi Tata Laksana, administrasi umum dan keuangan, dan administrasi bidang perencanaan, Teknologi Informasi dan Pelaporan, serta Implementasi aplikasi SIPP (Sistem Informasi Penelusuran Perkara),  e- register (register elektronik) dan e-court sebagai program unggulan MARI berdasarkan Peraturan Mahkamah Agung RI Nomor 3 Tahun 2018 Tentang Administrasi Perkara Di Pengadilan Secara Elektronik.

binwas3.jpg

Meskipun seluruh jajaran pegawai PA Pagar Alam telah berusaha bekerja secara ikhlas, cerdas dan tuntas, namun sebagai manusia biasa tentu saja akan ditemukan kelemahan dan kekurangan disana sini, oleh karena itu melalui hasil audit pengawasan dan pembinaan dari PTA Palembang ini, keluarga besar PA Pagar Alam mengucapkan ribuan terimakasih kepada Tim Pembinaan dan Pengawas PTA Palembang, selanjutnya pimpinan berserta seluruh pegawai Pengadilan Agama Pagar Alam berkomitmen untuk mencoba melakukan yang terbaik lagi, semoga Allah meridhoi, aamiin. “Control is to determine what is accomplished, evaluate it, and apply corrective measures is needed to ensure result in keeping with the plan” (pengawasan merupakan cara untuk menentukan apa yang ingin dicapai, melakukan evaluasi dan menerapkan langkah-langkah perbaikan yang diperlukan untuk memastikan hasil sesuai rencana). (by. Febry)

binwas4.jpg

PELANTIKAN PANITERA PENGGANTI PENGADILAN AGAMA PAGAR ALAM

Pagar Alam|pa-pagaralam.go.id

Senin, (01/7/2019), YM. Bapak Febrizal Lubis, S.Ag., S.H., Ketua Pengadilan Agama Pagar Alam telah melantik Bapak Luthfi Hadisaputra, S.H., sebagai Panitera Pengganti pada Pengadilan Agama Pagar Alam sesuai dengan Surat Keputusan Dirjen Badan Peradilan Agama Mahkamah Agung RI Nomor 2322 Tahun 2019 tanggal 27 Mei 2019. Acara pelantikan ini dilaksanakan di ruang sidang Pengadilan Agama Pagar Alam. Turut hadir pada acara tersebut rombongan dari Pengadilan Agama Muara Enim yang terdiri dari  Bapak Panitera, Sekretaris, Panitera Muda Permohonan dan beberapa  orang pegawai dari Pengadilan Agama Muara Enim Kelas 1 B.

Dalam sambutannya KPA Pagar Alam mengucapkan selamat kepada Bapak Luthfi Hadisaputra, S.H., atas promosi jabatannya karena telah dipercayakan oleh pimpinan di Dirjen Badilag MARI untuk menduduki jabatan sebagai Panitera Pengganti yang pertama kali di  PA Pagar Alam sejak diresmikan oleh YM. Ketua MARI pada tanggal 22 Oktober 2018  di Kabupaten Kepulauan Talaud, Provinsi Sulawesi Utara tepatnya di kota Melonguane.

pel PP1.jpg

Selanjutnya YM. Febrizal Lubis, S.Ag., S.H., menyampaikan pesan kepada Panitera Pengganti yang baru dilantik dan kepada seluruh jajaran hakim beserta pegawai PA Pagar Alam, supaya selalu menjaga integritas, memiliki komitmen dan bersikap profesionalitas dalam bekerja.

Beliau juga mengharapkan kepada Panitera Pengganti yang baru dilantik supaya mampu mengikuti perubahan zaman yang demikian cepat yang telah memasuki era digitalisasi dan aplikasi, dimana hampir seluruh bidang pekerjaan terutama dibidang administrasi perkara sudah mempergunakan aplikasi Sistem Informasi Penulusuran Perkara (SIPP) dengan seluruh aplikasi turunannya dan aplikasi E-court sebagai program unggulan MARI berdasarkan Peraturan Mahkamah Agung RI Nomor 3 Tahun 2018 Tentang Administrasi Perkara Di Pengadilan Secara Elektronik.

pel PP2.jpg

Apabila tenaga teknis yustisial bersikap monoton dalam bekerja dan menutup diri dengan perkembangan teknologi, niscaya tenaga teknis yustisial tersebut akan tergilas dengan perubahan zaman. Bahkan pada era digitalisasi dan aplikasi ini, seluruh kinerja aparatur pengadilan dapat dipantau oleh para pimpinan dari gedung Mahkamah Agung, dari gedung Dirjen Badilag dan dari gedung Pengadilan Tinggi Agama pada hari itu juga tanpa mesti beranjak dari meja kerjanya apalagi harus datang ke pengadilan yang sedang diawasi dan dinilai kinerjanya.

Acara Pelantikan Panitera Pengganti siang hari ini ditutup dengan pembacaan doa oleh Bapak Drs. Samson,  dan pemberian ucapan selamat oleh para pejabat, pegawai dan tamu undangan.

“Excellence is what you and your people create on your turf. It can be done it is done. There is on excuse for not getting on with it among your people. Tom Peters”. (Kebanyakan kita, sedang berenang melawan arus permasalahan dan kesulitan hidup di dunia yang tak seorang pun tahu sebelumnya. Pada saat itu yang diperlukan hanyalah semangat dan keberanian untuk mengarunginya dan niscaya kita akan sampai ke tujuan). (by. febry)

KERJA SAMA DAN SAMA SAMA KERJA DALAM BINGKAI GOTONG ROYONG DI PA PAGAR ALAM

KERJA SAMA DAN SAMA SAMA KERJA DALAM BINGKAI GOTONG ROYONG DI PA PAGAR ALAM

 

Pagar Alam, 27Juni 2019. Kamis di pagi hari yang cerah dan masih dalam nuansa bulan Syawal 1440 H tepatnya di hari ke 23, pimpinan, hakim dan seluruh pejabat beserta pegawai dan honorer Pengadilan Agama Pagar Alam menyingsingkan baju demi mewujudkan kebersihan dan keindahan kantor Pengadilan Agama Pagar Alam.

goro 1.jpg

Dengan antusias tanpa terkecuali, pimpinan, hakim dan segenap pegawai turut serta membersihkan perkarangan kantor dan mengecat kembali pagar bambu yang telah kusam.

goro 2.jpg

 

goro 3.jpg

Ketua dan Wakil Ketua Pengadilan Agama Pagar Alam memberikan apresiasi kepada seluruh pegawai atas kerjasama dan kaperdulian bersama untuk turut menciptakan kebersihan dan keindahan kantor Pengadilan Agama Pagar Alam, besar harapan melalui kegiatan gotong royong ini, akan terwujud pula rasa perduli dan tanggungjawab bersama untuk menjaga kebersihan serta menumbuhkan rasa persaudaraan dan rasa kekeluargaan antar pegawai mulai dari pimpinan, hakim, pegawai hingga tenaga Honorer ini bisa tumbuh dan semakin kuat, (By. Febry)

Pengadilan Agama Pagar Alam Akhirnya Memiliki Pejabat Ketua dan Wakil Ketua

 

Pagar Alam, 23 Mei 2019. Setelah delapan bulan jabatan Wakil Ketua sekaligus Plt. Ketua Pengadilan Agama Pagar Alam dipegang secara merangkap oleh Bapak Febrizal Lubis, S.Ag., S.H., akhirnya pada hari Rabu tanggal 22 Mei 2019 Pengadilan Agama Pagar Alam Memiliki Pejabat Ketua dan Wakil Ketua secara terpisah.

foto pelantikan ketua1.jpg

foto pelantikan  ketua 2.jpg

Pada pukul 09.00 Wib, Bapak Febrizal Lubis, S.Ag.., S.H., dilantik sebagai Ketua Pengadilan Agama Pagar Alam oleh YM. Bapak Drs. H. Endang Ali Ma'sum, S.H., M.H., selaku Ketua Pengadilan Tinggi Agama Palembang yang prosesi pelantikan  dilaksanakan di aula Pengadilan Tinggi Agama Palembang bersamaan dengan pelantikan dua orang hakim tinggi dan tujuh orang Ketua Pengadilan Agama se Sumatera Selatan;

Seusai Bapak Febrizal Lubis, S.Ag.., S.H., dilantik sebagai Ketua Pengadilan Agama Pagar Alam, maka selanjutnya Bapak Febrizal Lubis, S.Ag., S.H., melantik Bapak Bakhtiar, S.H.I., M.H.I., sebagai  Wakil Ketua Pengadilan Agama Pagar Alam.

pelantikan waka1.jpg

pelantikan waka22.jpg

Prosesi pelantikan dan pengambilan sumpah jabatan Wakil Ketua tersebut dilaksanakan di aula Pengadilan Tinggi Agama Palembang, dan berjalan dengan lancar, tertib dan khidmat.

Dengan dilantiknya Pejabat Ketua dan Wakil Ketua,  maka Pengadilan Agama Pagar Alam telah lengkap memiliki pemimpin yang memiliki kewajiban untuk membawa Pengadilan Agama Pagar Alam menjadi peradilan yang agung sebagaimana tujuan yang tertuang didalam visi Pengadilan Agama Pagar Alam. (by.febry)