logo-pga.png

 

Berita Pengadilan

portfolio

Berita Pengadilan

Berisikan Menu Tentang Semua Berita Yang Terjadi Pada Pengadilan Agama Pagar Alam Termasuk Juga Kumpulan Galeri Foto Kegiatan atau Kejadian di Pengadilan Agama Pagar Alam

Struktur Organisasi

Standar Pelayanan

E-Court

Direktori Putusan

Penelusuran Perkara

Laporan Tahunan

Sebagai Pengadilan Baru, PA Pagar Alam Telah Sukses Menerima Pendaftaran Perkara Via Aplikasi E-court

 

Pagar Alam, 23 April 2019. Peraturan Mahkamah Agung Republik Indonesia Nomor 3 Tahun 2018 tentang Administrasi Perkara Secara Elektronik di Pengadilan telah disahkan pada tanggal 29 Maret 2018 yang kemudian disusul dengan kelanjutan inovasi berupa  aplikasi Pengadilan Elektronik (e-court) yang diluncurkan oleh Ketua Mahkamah Agung RI Prof. Dr. M Hatta Ali S.H., M.H. di Balikpapan.

Meskipun Pengadilan Agama Pagar Alam baru diresmikan pada tanggal 22 Oktober 2018, namun bukan menjadi alasan untuk tidak turut mengambil bagian dalam mendukung program unggulan Mahkamah Agung tersebut demi terciptanya pelayanan di bidang hukum yang prima.

ecourt pa pga1.jpg

Bapak Febrizal Lubis, S..Ag.., SH., selaku Wakil Ketua sekaligus Plt. Ketua dan Bapak Aily, SH., selaku Panitera Pengadilan Agama Pagar Alam, dan seluruh tim di kepaniteraan secara bersungguh-sungguh berupaya supaya program unggulan Mahkamah Agung ini dapat dipergunakan oleh para pencari keadilan dengan harapan proses peradilan yang sederhana, cepat dan biaya ringan dapat segera terwujud melalui aplikasi e-court.

ecourt 1.jpg

Momentum bersejarah berkaitan dengan aplikasi e-court ini akhirnya terwujud juga di PA Pagar Alam, pada hari Selasa tanggal 23 April 2019 dicatat menjadi hari dimana pendaftaran perkara di PA Pagar Alam dilakukan dengan memamfaatkan aplikasi e-court oleh pihak Penggugat/Pemohon dan telah sukses terdaftar dengan register perkara nomor 96/Pdt.G/2019/PA.Pga.

Semoga dengan aktifnya aplikasi ecourt Pengadilan Agama Pagar Alam, para pencari keadilan dalam wilayah hukum Pengadilan Agama Pagar Alam dapat lebih mudah mengakses dan mendaftarkan perkaranya serta lebih peraktis dalam menjalani proses peradilan melalui aplikasi e-filing, e-payment dan e-summons. (by.febry)

IBU DYK PENGADILAN AGAMA PAGAR ALAM JUARA 1 BUSANA KEBAYA

Pagar Alam, 15 April 2019. Dihari Jum’at yang cerah ibu-ibu DYK PA Pagar Alam kelihatan cantik dan anggun dibalut busana Kebaya. Untuk acara hari ini, Ibu Ketua Pengadilan Negeri Pagar Alam Ny. SAUT ERWIN HARTONO A. MUNTHE, SH., MH., membuat program perlombaan busana kebaya antara sesama ibu-ibu DYK Pengadilan Negeri dan Pengadilan Agama Pagar Alam dalam rangka memperingati hari Kartini.

dyk4.jpg

Dengan antusias tanpa terkecuali gadis-gadis cpns PA Pagar Alam turut juga memeriahkan acara tersebut. Alhamdulillah Ny. Syahputera Atmanegara, SH.I, isteri Hakim PA Pagar Alam berhasil membawa pulang hadiah juara 1 busana kebaya terindah.

dyk3.jpg

Seusai acara, perwakilan ibu-ibu DYK mengunjungi anggota DYK yang bernama Mutiara Yamanda, pegawai honorer di Pengadilan Negeri Pagar Alam, yang tertimpa musibah akibat kecelakaan tunggal dalam mengendarai sepeda motor.

dyk1.jpg

dyk 2.jpg

Semoga dengan semakin rutinnya digelar acara-acara DYK tersebut akan semakin mempererat hubungan silaturrahmi antara Pengadilan Agama dengan Pengadilan Negeri demi mensukseskan program Mahkamah Agung.  (By. Febry)

PA Pagar Alam Mendapat Bantuan Pinjaman Mobil Dinas Dari Pemerintah Kota Pagar Alam

Pagar Alam, 10 April  2019. Di pagi hari yang sejuk diiringi derai air hujan, kantor Pengadilan Agama Pagar Alam mendapat kunjungan dari Kepala Bagian Umum dan Perlengkapan Pemerintah Kota Pagar Alam Bapak Daplis.

foto mobil dinas 1.jpg

Kunjungan beliau membawa kebahagiaan untuk Pengadilan Agama Pagar Alam dikarenakan beliau membawa mobil dinas Grand Livina yang akan diserahterimakan kepada wakil Ketua yang merangkap tugas sebagai Ketua PA Pagar Alam Bapak Febrizal Lubis, S.Ag., SH., dalam bentuk pinjam pakai.

foto mobil dinas 2.jpg

Sebagai salah satu dari 85 Pengadilan yang baru diresmikan oleh Bapak Ketua Mahkamah Agung pada bulan Oktober 2018, Pengadilan Agama Pagar Alam belum memiliki kendaraan dinas karena anggaran untuk pembelian kendaraan dinas masih dalam proses realisasi dengan pihak rekanan, sehingga pemberian pinjam pakai mobil dinas yang di wujudkan oleh Kepala Bagian Umum dan Perlengkapan Pemerintah Kota Pagar Alam Bapak Daplis membawa kebahagiaan tersendiri.

foto mobil dinas3.jpg

Dengan adanya pemberian pinjam pakai mobil dinas tersebut, Waki Ketua yang merangkap tugas sebagai Ketua Pengadilan Agama dapat menjalankan fungsinya lebih maksimal, baik untuk bersinergi dengan pemerintahan kota setempat maupun untuk mendukung program-program kerja Mahkamah Agung.

Semoga dengan adanya dukungan dari Pemerintahan Kota Pagar Alam, seluruh aparatur Pengadilan Agama Pagar Alam lebih giat lagi dalam memberikan pelayanan di bidang hukum keluarga dan ekonomi syariah untuk masyarakat Pagar Alam tercinta. (by.febry)

Waka PA Pagar Alam Turut Menyambut Kedatangan dua Menteri di Kota Pagar Alam

Pagar Alam, 10 April  2019. Di hari yang cerah menjelang petang, bandara Atung Bungsu dibanjiri warga yang antusias menanti kedatangan dua Menteri Republik Indonesia yakni Menteri Perhubungan (Menhub) Budi Karya Sumadi dan Menteri Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) Mochamad Basuki Hadimoeljono.

foto menteri 2.jpg

Wakil Ketua Pengadilan Agama Pagar Alam Bapak Febrizal Lubis, S.Ag., SH., sejak pukul 12.00 Wib telah hadir di bandara Atung Bungsu demi turut mensukseskan program pembangunan Pemkot Pagar Alam melalui kehadiran dua menteri tersebut.

Walikota Pagar Alam Bapak Alpian Maskoni dalam sambutanya mengatakan, bahwa kedatangan dua menteri ini merupakan sejarah bagi Kota Pagar Alamkarena selama 18 tahun usis Pemerintahan Kota Pagar Alam, baru pertama kalinya dikunjungan Menteri republik Indonesia dan sekali datang dua menteri sekaligus.

foto menteri.jpg

Menteri Perhubungan (Menhub) Budi Karya Sumadi dihadapan Gubernur Sumatera selatan, Wali Kota dan Wakil Wali Kota dan Forum Komunikasi Pimpinan Daerah serta seluruh masyarakat kota Pagar Alam yang hadir menyatakan siap menerima operasional Bandara Atung Bungsu dari pemda dan akan dikembangkan dengan memanjangkan landas pacu dari 1.300 meter dan akan menjadi 1.600 meter di tahun depan supaya  ATR dari  pesawat jenis Boeing  dari Jakarta bisa langsung mendarat di Atung Bungsu. 

Semoga program pembangunan bandara Atung Bungsu tersebut dapat direalisasikan dalam waktu yang tidak begitu lama, dengan harapan pesona Kota Pagar Alam sebagai salah satu destinasi wisata yang cukup dihandalkan di Indonesia ini dapat berkembang lebih pesat yang pada akhirnya akan membawa kemakmuran bagi seluruh masyarakat kota Pagar Alam. (by.febry)